Selasa, 26 Januari 2010

KEITH ELLISON, BARACK OBAMA. MUSLIM PERTAMA ANGGOTA KONGRES. PEMERSATU MUSLIM DAN AMERIKA SERIKAT.



"KETIKA ORANG MUSLIM PERTAMA AMERIKA TERPILIH SEBAGI ANGGOTA KONGRES, dia bersumpah setia setia pada konstitusi AS dengan mengangkat alQur-an, kitab suci yg sama dengan yg disimpan salah seorang Bapak Bangsa kami, Thomas Jefferson, di perpustakaan pribadinya, " kata Barack Obama.

Ellison menilai perjuangannya adalah memperluas peluang dan ruang gerak seluruh warga Amerika, dan bukan hanya ditempatkan sebagai orang yg memahami Muslim dan segala hal yg berkaitan dg slam.

Bagi dunia Arob, Ellison adalah simbol bahwa Amerikatelah merangkul Islam. Sementara untuk Muslim Amerika dia adalah teladan poitik.Bagi pemilihnya yg kebanyakan kaum liberal perkotaan Minneapolis, ibukota negara bagian Minnesota, Ellison disukai karena opandangan politiknya yg mengusung perdamaian, kesejahteraan pekerja, pelestarian lingkungan dan perlindungan haq2 sipil.

"Saya Muslim Afro-Amerika, lalu bagaimana bisa saya dipilih oleh kebanyakan orang kulit putih risten Lutheran di wilayah saya?" ujarnya. Jawabnya adalah praktik hidup kesehariannya.

Ellison (19 tahun, lahir di detroit, Michigan) yg kala itu sedang menempuh pendidikan di Wayne state University ini latas mengucapkan syahadat. Keislamannya beraliran Suni. Ellison dikenal sebagai Muslim yg taat beribadah dan menuanaikan sholat 5 waqtu. Jika sedang di Washington, selalu sholat berjamaah dengan para staf Kongres yg beragama Islam di satu ruangan di Capitol Hill. Di ruang pribadinya di Longworth House Office Building, tergelar sajadah, sedangkan pada dinding di sudut ruangan lainnya terbentang foto kota Makkah. Republika, 24/1-10. sya.

KOMENTAR: Semoga 100% Muslimun di AS, mampu hafal terjemahan Fatihah. Agar jadi warga negara teladan.

5 komentar:

  1. Emm... maaf Pak.
    kalau ada gambarnya, pasti lebih seru. :)
    Tapi salut dengan Ellison sebagai muslim amerika

    BalasHapus
  2. semogalah Amerika tetap membuka diri bagi suatu demokrasi yang sebenar-benar demokrasi tanpa memandang suku, agama, ras.
    semoga keith menjadi panutan bagi politikus muslim lainnya

    BalasHapus
  3. KEPADA YTH AHMAD RAMADANI, GAMBARNYA SEMOGA ADA MANFAATNYA.
    KEPADA YTH ATTAYAYA, SEMOGA KIAN MEMPERKUAT MUSLIMUN DI AS.

    BalasHapus
  4. @MAZ ARIFIN, AMIN... saya berharap hal tsb bisa terjadi..

    BalasHapus
  5. TERIMA KASIH ATAS PERHATIAN YTH FAHMI SATRIO.

    BalasHapus

HARAP PEMBACA MEMBERI KOMENTAR, KRITIK, SARAN, TANGGAPAN.